Peningkatan Ketrampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN I Granting Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Indarti, Tri (2012) Peningkatan Ketrampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN I Granting Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ketrampilan menulis merupkan salah satu ketrampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh para siswa yang sedang belajar mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Semakin tinggi tingkat kelas semakin meningkat dan berkembang kemahiran dalam menulisnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ketrampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN I Granting Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten masih relatif rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pengajaran menulis dengan menggunakan media gambar. Dengan pengajaran menulis karangan narasi menggunakan media gambar ini digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN I Granting Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN I Granting Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten yang berjumlah 30 siswa yang terdiri atas 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel peningkatan ketrampilan menulis karangan narasi dan variable penggunaan media gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan media gambar rata-rata klasikal siswa kelas IV SDN I Granting Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten dari nilai prasiklus, siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah standar yang ditentukan, yaitu ≥75. Dari hasil penelitian ketrampilan menulis karangan narasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SDN I Granting Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten mengalami peningkatan setelah mengikuti proses pembelajaran dengan media gambar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Ketrampilan, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:55
Last Modified: 23 Nov 2012 13:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21519

Actions (login required)

View Item View Item