Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Alat Peraga Gambar Kelas IV SD Negeri 3 Gempol Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 (PTK Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gempol Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013)

Haryantiningsih, Haryantiningsih (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Alat Peraga Gambar Kelas IV SD Negeri 3 Gempol Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 (PTK Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gempol Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (801kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I_HARYANTININGSIH_2012.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II_HARYANTININGSIH_2012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III_HARYANTININGSIH_2012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV_HARYANTININGSIH_2012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V_HARYANTININGSIH_2012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_HARYANTININGSIH_2012.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH_SKRIPSI_HARYANTININGSIH_2012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pemahaman materi pembelajaran IPA kelas IV, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui alat peraga gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, kajian dokumen, dan tes. Sedangkan langkah pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi itu berkesinambungan. Hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata kelas meningkat yaitu pada awal sebelum tindakan PTK sebesar 53,00 dan setelah dilaksanakan PTK pada siklus I nilai-rata-rata menjadi 67,33 dengan KKM 65, rata-rata siswa sudah berada di atas KKM, namun ada 6 siswa yang nilainya masih di bawah KKM, sedangkan pada siklus II rata-ratanya menjadi 78,67, namun masih ada 2 siswa yang nilainya masih di bawah KKM, (2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan yaitu sebelum diadakan PTK adalah 33,33% meningkat menjadi 60,00% pada siklus I sedangkan pada siklus II menjadi 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan alat peraga gambar dapat meningkatkan kemampuan materi bagian-bagian dan fungsi panca indera manusia dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dan nilai siswa peningkatan rata-rata nilai siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:49
Last Modified: 23 Nov 2012 13:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item View Item