Penggunan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Semester 1 Di SDN 3 Taskombang Kecamatan Manisrenggo, Tahun Pelajaran 2012/2013

CH.Ambarwati, CH.Ambarwati (2012) Penggunan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Semester 1 Di SDN 3 Taskombang Kecamatan Manisrenggo, Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran Numbered Haeads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Ilmu Pengetahun Sosial. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 3 Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten yang terdiri dari 14 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pada kondisi awal, dari 14 siswa hanya terdapat 3 siswa yang aktif. Melalui penggunaan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus I, tingkat keaktifan siswa meningkat, namun belum sesuai dengan yang diharapkan yaitu masih terdapat 7 siswa yang pasif, atau hanya terdapat 50 % siswa yang aktif. Pada siklus II masih digunakan strategi pembelajaran yang sama namun dilakukan tindakan yang berbeda dengan membagikan gambar kepada masing-masing siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan, dari jumlah 14 siswa terdapat 12 siswa yang aktif, baik itu aktif menjawab, aktif menyampaikan pendapat/tanggapan, maupun aktif bertanya. Secara prosentase terdapat 85 % siswa yang aktif. Berdasarkan keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) telah mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 3 Taskombang. Setiap siklus yang dilalui membawa dampak positif ke arah peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDN 3 Taskombang Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, Numbered Heads Together
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:42
Last Modified: 21 Nov 2019 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21516

Actions (login required)

View Item View Item