Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas SDN 3 Ketandan, Klaten Utara, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Wardani, Theresia Aning Siwi (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas SDN 3 Ketandan, Klaten Utara, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa supaya siswa termotivasi mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan metode diskusi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 3 Ketandan Klaten Utara yang berjumlah 33 siswa terdiri 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas V SDN 3 Ketandan Klaten Utara Klaten. Hal ini dengan adanya bukti peningkatan rata-rata skor pengamatan aktivitas belajar dari siklus I sebesar 61,6% menjadi 85% berarti naik 23,4%. Metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas V SDN 3 Ketandan Klaten Utara Klaten hal itu terbukti dengan adanya kenaikan rata-rata dari siklus ke siklus dimana siklus I rata-rata 63,63 menjadi 75,75 berarti naik 12,12 atau 67% siswa yang tuntas pada siklus I dan 91% siswa yang tuntas pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan aktivitas belajar matematika, Metode Disku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:44
Last Modified: 23 Nov 2012 13:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item