Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Materi Peta Kelas IV SD Negeri 2 Karangpakel Melalui Penggunaan Alat Peraga Gambar Peta Tahun Ajaran 2012/2013

Hesti, Tri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Materi Peta Kelas IV SD Negeri 2 Karangpakel Melalui Penggunaan Alat Peraga Gambar Peta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan alat peraga gambar peta. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 KarangpakelTrucuk yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebelum dilakukan tindakan 56,35 (45%), setelah dilakukan tindakan siklus I adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi peta sebesar 64,45 (60%). Pada siklus II meningkat 70,08 (80%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga gambar peta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangpakel Trucuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, alat peraga gambar peta.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:31
Last Modified: 23 Nov 2012 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21511

Actions (login required)

View Item View Item