Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswamemahami Konsep Perkalian Dan Pembagian Pelajaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Bagi Siswa Kelas IV Di SDN 2 Lemahireng, Pedan Tahun 2012 / 2013

Sriyani, Sriyani (2012) Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswamemahami Konsep Perkalian Dan Pembagian Pelajaran Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Bagi Siswa Kelas IV Di SDN 2 Lemahireng, Pedan Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (571kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (581kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada Kompetensi Dasar Melakukan Operasi Perkalian dan Pembagian Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Lemahireng, Kecamatan Pedan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Fokus permasalahan, Apakah melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV di SD Negeri 2 Lemahireng, Pedan?, Sumber data : guru dan siswa di SD Negeri 2 Lemahireng. Pengumpulan data dilakukan dengan dilakukan dengan cara: kuesioner/angket, dokumentasi, observasi/pengamatan, teknik tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar angket, dan soal ulangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, melalui model interaktif. Teknik pemeriksaan data dilakukan dengan Validitas logis dan validitas isi. Materi pembelajaran disampaikan dengan pendekatan kontekstual melalui metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV di SD Negeri 2 Lemahireng, Pedan tahun pelajaran 2012/2013. Hal tersebut dapat diketahui dari peningkatan rata-rata hasil prestasi belajar siswa dari kondisi awal sebesar 53,4meningkat menjadi 66,2 Pada siklus 1 dengan ketercapaian indikator kinerja 65% , dan pada siklus 2 menjadi 75,2 dengan ketercapaian indikator kinerja 80%. Saran yang diajukan: Guru hendaknya berupaya meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan berbagai inovasi pembelajaran seperti pengunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Perkalian, Pembagian, strategi pembelajaran, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:33
Last Modified: 23 Nov 2012 11:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21509

Actions (login required)

View Item View Item