Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Kreativitas Siswa Melalui Pendekatan Jigsaw Di Kelas IV SDN 1 Towangsan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Kalimat Utama Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013

Madenar, Arfianta (2012) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Kreativitas Siswa Melalui Pendekatan Jigsaw Di Kelas IV SDN 1 Towangsan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Kalimat Utama Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
4._BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (BAB II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (BAB III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (BAB V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kreativitas siswa pada proses pembelajaran dalam menentukan kalimat utama pada paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode jigsaw bagi siswa siswa kelas IV SDN 1 Towangsan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Variabel yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah aktivitas dan kretifitas siswa dalam menentukan kalimat utama pada paragraf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jigsaw. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan di kelas IV SDN 1 Towangsan, Gantiwarno dengan jumlah siswa 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode jigsaw terdapat peningkatkan aktivitas dan kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi kalimat utama siswa kelas IV SDN 1 Towangsan, Gantiwarno, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas dan kreativitas siswa pada setiap siklusnya, yaitu: pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria aktif ada 20 siswa, cukup aktif ada 8 siswa meningkat menjadi siswa yang memenuhi kriteria aktif 25 siswa, dan cukup aktif ada 3 siswa pada siklus II. Sedangkan kreativitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I siswa dalam kriteria kreatif ada 16 siswa, cukup kreatif 9 siswa, dan kurang kreatif ada 3 siswa meningkat menjadi kriteria kreatif ada 22 siswa, cukup kreatif 6 siswa, dan kurang kreatif ada 1 siswa. Dengan demikian, melalui metode jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas pada siswa kelas IV SDN 1 Towangsan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode jigsaw, aktivitas, kreativitas, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:58
Last Modified: 23 Nov 2012 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21502

Actions (login required)

View Item View Item