Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Strategi Berpasangan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Sorogaten, Tulung, Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013

Sumarni, Sri (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Strategi Berpasangan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Sorogaten, Tulung, Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui strategi berpasangan pada siswa kelas V SD N 1 Sorogaten, Tulung, Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan dua siklus. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian ini diantaranya tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I putaran pertama yaitu 65,31 (termasuk kategori kurang minat). Nilai rata-rata pada putaran kedua meningkat menjadi 70 dari putaran pertama yang hanya 65,31, karena putaran kedua sudah menggunakan strategi berpasangan. Siklus II meningkat menjadi 77,5 dari siklus I putaran kedua yang hanya 70 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD N 1 Sorogaten, Tulung, Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, penerapan strategi berpasangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:51
Last Modified: 23 Nov 2012 14:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21498

Actions (login required)

View Item View Item