Penggunaan Alat Peraga Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas II SDN 1 Mlese Tahun Ajaran 2012/2013

Wijaya, Wiwiet (2012) Penggunaan Alat Peraga Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas II SDN 1 Mlese Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._halaman_depan...pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_publikasi.pdf

Download (560kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektifitas penggunaan peraga yang berupa macam-macam gambar dalam pembelajaran IPA pada materi pengaruh matahari bagi bumi dan menganalisis penggunaan alat peraga bermacam-macam gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 1 Mlese dengan jumlah siswa 23 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama, ada peningkatan prestasi belajar IPA pada pengaruh matahari terhadap bumi melalui penerapan media gambar bagi siswa kelas II SD Negeri 1 Mlese. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya nilai prestaasi belajar IPA. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPA adalah 66,9 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥65) ada 15 anak dan yang kurang dari KKM ada 8 anak, dan pada siklus II menjadi 80,7 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥65) ada 22 anak dan yang kurang dari KKM ada 1 anak. Dengan demikian, penggunaan media gambar efektif untuk menarik hasil siswa II SDN 1 Mlese dalam memahami Pengaruh Matahari Bagi Bumi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Hasil Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:45
Last Modified: 23 Nov 2012 14:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21492

Actions (login required)

View Item View Item