Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SDN. 1 Pandeyan, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Rahayu, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SDN. 1 Pandeyan, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menggunakan audio visual pada murid kelas IV SDN.1 Pandeyan Jatinom, Klaten. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan hasilnya membuktikan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN.1 Pandeyan Jatinom Klaten . Dari hasil pengamatan pada siklus I putaran 1 diperoleh informasi bahwa dari 17 siswa, ada 61% siswa menunjukkan bahwa belum ada peningkatan proses pembelajaran, sedangkan siklus I putaran 2 terdapat 31%, dan siklus II hanya terdapat 18% siswa yang kurang berminat dalam proses pembelajaran keterampilan menggunakan audio visual. Sementara itu, dari hasil pengamatan pada penilaian keterampilan menggunakan media audio visual dari 17 siswa, pada siklus I diperoleh informasi ada 6 atau 35,3% siswa yang sudah tuntas dalam menggunakan media audio visual dalam pembelajaran IPA, sedangkan siklus II terdapat 10 atau 62,5% siswa, dan siklus II terdapat 14 atau 82,4% siswa yang telah tuntas dalam menggunakan media audio visual pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis data pada tindakan penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dapat ditingkatkan dengan media audio visual bagi siswa kelas IV di SDN.1 Pandeyan, Jatinom, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013” telah terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:41
Last Modified: 23 Nov 2012 15:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item View Item