Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Benda Asli Pada Siswa Kelas II SDN 2 Kecemen Manisrenggo Klaten Tahun 2012/2013

Listyorini, Nanik. (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Benda Asli Pada Siswa Kelas II SDN 2 Kecemen Manisrenggo Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (931kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH__PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media benda asli pada siswa kels II SDN 2 Kecemen tahun 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 19 siswa pada semester gasal tahun 2012/2013. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dan lembar observasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan cara interaktif. Indikator keberhasilan ditentukan apabila 80% dari jumlah siswa telah mencapai KKM. KKM pelajaran IPA dikelas II adalah ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SDN 2 Kecemen. Hal ini terbukti dari hasil tes formatif yang mengalami peningkatan pada siklus I, rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 66 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40, dengan prosentase siswa yang yang tuntas KKM 57,9%. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 77 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60, dengan prosentase siswa yang yang tuntas KKM 89,5%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Benda Asli dan Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:38
Last Modified: 23 Nov 2012 15:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21489

Actions (login required)

View Item View Item