Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Karya Wisata Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kayumas, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Iriani, Sri (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Karya Wisata Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kayumas, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan bebas pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode karya wisata pada siswa kelas V SDN 2 Kayumas Jatinom Klaten. Rancangan perbaikan pembelajaran ini berbentuk siklus – siklus yang merupakan daur ulang yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data interaktif deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan, pembelajaran menggunakan metode karya wisata . Hal ini dapat dilihat dari hasil tiap – tiap siklus. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: pada pra siklus hanya terdapat 40 % anak yang dapat mencapai KKM dan 60 tidak dapat mencapai KKM, hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata, penjelasan guru terlalu cepat, dan pembimbingan guru kurang merata setiap kelompok. Pada siklus 1, peneliti menggunakan metode karya wisata. Terdapat peningkatan yaitu 13.3 % anak yang mencapai KKM dan 53.3 % anak yang belum mencapai KKM; Hal ini disebabkan kurangnya bimbingan guru pada kelompok dalam melaksanakan tugas dalam menulis karangan bebas. Pada siklus 2 perbaikan berupa kunjungan karya wisata sehingga hasilnya 86,6 % siswa yang dapat mencapai KKM dan hanya 13,4 % yang tidak mencapai KKM. Peningkatan ini disebabkan karena siswa mulai memahami dalam penulisan karangan bebas karena siswa melihat secara langsung prosesnya, sehingga siswa lebih fokus dalam menulis karangan bebas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan “Metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan bebas pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 2 Kayumas, Jatinom, Klaten.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Karya Wisata, Karangan Bebas, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Nov 2012 10:31
Last Modified: 21 Feb 2014 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21486

Actions (login required)

View Item View Item