Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Pandeyan Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sarmini, Sarmini (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Pandeyan Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (386kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandeyan melalui metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroonm action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandeyan. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar PKn. Lokasi penelitian di SD Negeri I Pandeyan, Jatinom, Klaten. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya memiliki komponen tindakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode problem solving. Pembelajaran dengan penerapan metode problem Solving adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dengan jalan melatih anak untuk menghadapi masalah dari yang paling sederhana sampai kepada masalah sulit. Problem solving mencoba mengelompokkan dan mengerti masalah yang dihadapi dengan mengumpulkan banyak spesifikasi dan fakta konkrit tentang kemungkinan masalah, mengidentifikasi permintaan, rintangan dan tujuan yang realistik dalam menyelesaikan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah jika 90% dari seluruh siswa memperoleh KKM ≥ 70. Sesuai dengan KKM yang telah ditentukan di SD Negeri I Pandeyan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem Solving hasil belajar PKn dapat meningkat. Meningkatnya hasil belajar ditandai pada pra siklus nilai rata-rata 51, siklus I rata-rata nilai 65 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78 dan persentase pra siklus adalah 5,2%, siklus I meningkat lagi menjadi 47,6 dan siklus II menjadi 95%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Metode Problem Solving, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 09:56
Last Modified: 23 Nov 2012 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item View Item