Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda-Benda Konkret Pada Siswa Kelas I SDN 2 Gatak TP. 2012/2013

Nurharyanti, Ana (2012) Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda-Benda Konkret Pada Siswa Kelas I SDN 2 Gatak TP. 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bba I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika dengan bantuan benda-benda kongkrit berupa: kerikil, daun, ranting, gambar dsb sebagai alat berhitung siswa dalam kegiatan menjumlahkan dan mengurangkan suatu bilangan pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Gatak, Kecamatan Ngawen , Kabupaten Klaten. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 dengan jumlah siswa laki-laki 3 dan siswa perempuan 6. Sebelum diadakan perbaikan hanya terdapat 2 siswa yang dapat mencapai nilai KKM 65, pada siklus I siswa yang mencapai KKM menjadi 5 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 8 siswa yang bisa mencapai KKM, artinya dari 9 siswa, ada 8 siswa yang tuntas mencapai KKM. Dari penelitian ini dapat dilihat adanya peningkatan kemampuan siswa sebagai berikut: Rata-rata sebelum diadakannya perbaikan 59,83, siklus I meningkat menjadi 64,61, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 74,56. Ini membuktikan bahwa penggunaan bantuan benda-benda kongkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran matematika dalam penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjumlahan, Pengurangan, Matematika, Benda Kongkrit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 06:39
Last Modified: 23 Nov 2012 07:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item View Item