Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kedungan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Ratmokohadi, Hendry (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kedungan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education pada siswa kelas III SD Negeri 1 Kedungan K ecamatan Pedan Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Kedungan Tahun 2012/2013 berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran matematika dengan indikator (1) berani mengajukan pertanyaan kepada guru, (2) aktif mengemukakan ide/pendapat, (3) menjawab pertanyaan dan mengerjakan soal-soal yang diberikan guru. Pada siklus I dengan menggunakan besaran nilai mata uang dari Rp.50,00 sampai Rp.20.000,00 menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika yaitu pertemuan I nilai rata-rata yaitu 64,62, dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai di atas 65 mencapai 46,15%, sedangkan pertemuan ke II nilai rata-rata yaitu 67,69, dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai diatas 65 mencapai 53,85%. Pada siklus II menggunakan besaran nilai mata uang dari Rp.50,00 sampai Rp. 20.000,00 menunjukkan peningkatan pembelajaran matematika yaitu pertemuan Ke I nilai rata-rata 73,08 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai di atas 65 mencapai 76,92% sedangkan pada pertemuan ke II nilai rata -rata 76,92 dengan prosentase siswa yang mendapat nilai di atas 65 mencapai 84,62%. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education . disimpulkan bahwa, guru telah mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 1 Kedungan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan RME
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 Nov 2012 06:16
Last Modified: 23 Nov 2012 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21469

Actions (login required)

View Item View Item