Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Di BA Aisyiyah Duwet I Ngawen Klaten Tahun 2012

Mandamdari, Yuni Hastuti (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Di BA Aisyiyah Duwet I Ngawen Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_YUNI_HASTUTI_M.pdf

Download (836kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_YUNI_HASTUTI_M.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_YUNI_HASTUTI_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_YUNI_HASTUTI_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_YUNI_HASTUTI_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_YUNI_HASTUTI_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_YUNI_HASTUTI_M.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN_YUNI_HASTUTI_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBILKASI.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan kartu angka di Kelompok A BA Aisyiyah Duwet I Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten tahun 2012. Sebelum diberikan tindakan kemampuan berhitung anak dan guru sudah mengupayakan alternatif dan pemecahan dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan permainan kartu angka. Subjek pelaksnakaan tindakan adalah anak kelompok A BA Aisyiyah Duwet I yang berjumlah 12 anak. teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi sistemastis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalu dua siklus. Prosedur dalam penelitian terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak BA Aisyiyah Duwet I kecamatan Ngawet Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013 meningkat minimal 75% dari 12 anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan berhitung anak sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan permainan kartu angka sebanyak 2 anak (16,66%) setelah dilakukan tindkanan yang telah disepakati yaitu menerapkan permainan kartu angka pada siklus I kemampuan berhitung meningkat 5 anak (41,6%) dan pada siklus II meningkat menjadi 9 anak (75%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini. Hipotesis yang menyatakan “Permainan Kartu Angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di BA Aisyiyah Duwet I tahun 2012” tebukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, kartu angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 05:36
Last Modified: 23 Nov 2012 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item