Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 2 Jomboran Klaten Tengah Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Suparmi, Siti (2012) Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 2 Jomboran Klaten Tengah Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui kegiatan finger painting pada anak kelompok B di TK Pertiwi 2 Jomboran, Klaten Tengah, Klaten. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan enam kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Pertiwi 2 Jomboran Klaten tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah deskriptif komparatif membandingkan hasil penelitian antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan finger painting kreativitas anak kelompok B di TK Pertiwi 2 Jomboran dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kreativitas anak yang hanya mencapai 47,78% pada prasiklus menjadi 63,06% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,09% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK Pertiwi 2 Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas anak, finger painting
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 05:26
Last Modified: 23 Nov 2012 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21466

Actions (login required)

View Item View Item