Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Pecahan Melalui Metode Think Pair And Share Kelas V Semester II SD Negeri Tambahsari Tahun 2012

Sulistiyowati, Wahyu (2012) Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Pecahan Melalui Metode Think Pair And Share Kelas V Semester II SD Negeri Tambahsari Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (BAB II)
bab-2222.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (BSB III)
bab3333.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (BSB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pecahan. Subyek peneliti adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Tambahsari yang berjumlah 15 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Taknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini diliksanakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahan konsep pecahan. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran Matematika yang meningkat dari siklus I pertemuan I dan pertemuan II serta siklus II pertemuan I dan pertemuan II. Pada siklus I pertemuan I prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika sebesar 66% atau 10 siswa yang memenuhi KKM dan siklus I pertemuan II sebesar 73% atau 11 siswa yang memenuhi KKM serta siklus II pertemuan I sebesar 80% atau 12 siswa yang memenuhi KKM, pada siklus II pertemuan II sebesar 93,3% atau 14 siswa yang memenuhi KKM. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Think Pair and Share mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pecahan kelas V SD Negeri Tambahsari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pemahaman siswa tentang konsep pecahan, metode Think Pair and Share
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Nov 2012 16:03
Last Modified: 22 Nov 2012 16:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21463

Actions (login required)

View Item View Item