Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Metode embelajaran Discovery Pada Siswa Kelas IV.A SDIT Arofah Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

AMIN, WACHID (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Metode embelajaran Discovery Pada Siswa Kelas IV.A SDIT Arofah Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (331kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pembelajaran PKn pada siswa kelas IVI A SDIT Arofah Boyolali melalui penggunaan metode pembelajaran discovery. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IV A SDIT Arofah Boyolali yang berjumlah 26 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas IV A SDIT Arofah Boyolali, yaitu dari 26 siswa sebelum dilakukan penelitian nilai rata-rata siswa 62,07 pada siklus I putaran I nilai rata-rata siswa 66,96 pada putaran II nilai rata-rata siswa 70,73 pada siklus II putaran I nilai rata-rata siswa 75,58 dan pada putaran II nilai rata-rata siswa 76,38. Siswa yang Termotivasi memperhatikan penjelasan guru di kelas sebelum dilakukan penelitian ada 12 siswa (46,15%), pada siklus I putaran I 18 siswa (69,23%) putaran II 21 siswa (80,76%) dan siklus II ada 24 siswa (92,30%). Siswa yang Termotivasi bertanya terhadap materi yang belum dipahami sebelum dilakukan penelitian ada 7 siswa (26,92%), pada siklus I putaran I ada 16 siswa (61,53%), putaran II ada 20 siswa (76,92%) dan siklus II ada 22 siswa (84,61%). Siswa yang Termotivasi menjawab pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 9 siswa (34,61%), pada siklus I putaran I ada 16 siswa (61,53%), putaran II ada 20 siswa (76,92%) dan siklus II ada 21 siswa (80,76%). Sedangkan Siswa yang Termotivasi mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan penelitian ada 13 siswa (50%), pada siklus I putaran I ada 20 siswa (76,92%), putaran II ada 22 siswa (84,61%) dan siklus II ada 26 siswa (100%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Motivasi Belajar, Metode Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:18
Last Modified: 22 Nov 2012 12:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21461

Actions (login required)

View Item View Item