Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui ermainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok B Di TK Trisula Perwari IV Semangkak Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Astuti, Puji (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui ermainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok B Di TK Trisula Perwari IV Semangkak Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (645kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I___puji.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II__puji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_puji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV__puji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V__puji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_puji.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui permainan kereta bernomor di kelompok B TK Trisula Perwari IV Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan berhitung permulaan anak masih rendah. Penelitian ini menawarkan metode permainan kereta bernomor untuk mengatasi permasalahan tersebut. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B di TK Trisula Perwari IV yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan permainan kereta bernomor dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Trisula Perwari IV Klaten tahun pelajaran 2012/2013 meningkat minimal 76% dari 17 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak sebelum diadakan tindakan dengan permainan kereta bernomor hanya ada sebanyak 3 anak (17,64%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan permainan kereta bernomor siklus I, kemampuan berhitung permulaan anak meningkat menjadi 9 anak (52,94%) dan siklus II menjadi 14 anak (82,35%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “diduga melalui permainan kereta bernomor dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok B TK Trisula Perwari IV Semangkak Klaten tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung permulaan, permainan kereta bernomor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:17
Last Modified: 22 Nov 2012 12:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21460

Actions (login required)

View Item View Item