Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Kelompok Belajar Pada Siswa Kelas Ii Sdn Mustokoharjo 2012/2013

SETYANI , PUJI (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Kelompok Belajar Pada Siswa Kelas Ii Sdn Mustokoharjo 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Kelompok Belajar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Mustokoharjo yang berjumlah 27 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar IPA siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPA yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA sebesar 70% atau 19 siswa dan pada siklus II sebesar 85% atau 23 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Kelompok Belajar mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, metode Kelompok Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:45
Last Modified: 22 Nov 2012 13:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21449

Actions (login required)

View Item View Item