Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pegandan 02 Tahun Ajaran 2012/2013

IFANA , ANUNG (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pegandan 02 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.SKRIPSI_BAB1.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
05.SKRIPSI_BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
06.SKRIPSI_BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.SKRIPSI_BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] PDF (Bab V)
08.SKRIPSI_BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan metode Think Pair Share (TPS).Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pegandan 02 yang berjumlah 28 siswa.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan,tindakan,pengamatan, dan refleksi.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi.Teknis analisis data menggunakan teknik analisis interaktif: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah diterapkan Think Pair Share (TPS) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar IPS siswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 78,57% atau 22 siswa dan pada siklus II sebesar 89,57% atau 25 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Think Pair Share (TPS) mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, metode think pair share (TPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:10
Last Modified: 22 Nov 2012 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item