Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Motivasi Berwirausahapada Siswa Smk

SATRIA, HAKAM (2012) Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Motivasi Berwirausahapada Siswa Smk. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
publikasi.pdf

Download (244kB)

Abstract

Pada dasarnya dunia wirausaha merupakan pilihan yang cukup rasional dalam situasi dan kondisi terbatasnya kesempatan kerja. Oleh karena itu sudah seharusnya kaum muda Indonesia menciptakan pekerjaan yang layak dan produktif melalui wirausaha. Individu yang memiliki karakteristik sebagai seorang wirausaha akan lebih berhasil jika didukung oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu manajemen diri, karena dengan man ajemen diri yang tinggi siswa dapat melakukan pengelolaan hidup dan dan kemandirian yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen diri dengan motivasi berwirausaha pada siswa SMK Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara manajemen diri dengan motivasi berwirausaha. Subjek penelitian ini adalah siswa - siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Surakarta. Pengambilan secara cluster random samplingterpilih kelas XII jurusan teknik gambar bangunan berjumlah 22 siswa, teknik teknik konstruksi kayu dengan jumlah 28 siswa, dan Teknik Komputer dan Jaringan jumlah siswa 30 orang, sehingga total siswa yang menjadi sampel penelitian sebanyak 80 orang Metode pengumpulan data menggunakan skala manajemen diri dan skala motivasi berwirausaha. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment . Hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,490; p = 0,000 (p < 0,01). Artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antaramanajemen diri dengan motivasi berwirausaha. Sumbangan efektif variabel manajemen diri terhadap motivasi berwirausaha sebesar 24%. Berdasarkan hasil pengkategorian diketahui persepsi terhadap manajemen diri mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 94,263 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 93,5 yang berarti manajemen diri pada subjek penelitian tergolong sedang. Nilai rerata empirik motivasi berwirausaha (RE) sebesar 81,588 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 72, 5 yang berarti motivasi berwirausaha pada s ubjek penelitian tergolong sedang. Hasil kesimpulan penelitian menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara manajemen diri dengan motivasi berwirausaha, artinya variabel manajemen diri dapat dijadikan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan variabel motivasi berwirausaha. Semakin tinggi manajemen diri maka akan semakin tinggi pula motivasi berwirausaha.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen diri, motivasi berwirausaha, SMKN 2 Surakarta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:07
Last Modified: 22 Nov 2012 13:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item View Item