Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Bero Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Dwiyanti, Dwiyanti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Bero Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04.BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (BAB IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (BAB V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode bermain peran di kelompok B TK Pertiwi Bero Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan kemampuan berbahasa anak dalam pengucapannya kurang lancar dan guru sudah mengupayakan berbagai alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain peran, subyek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK Pertiwi Bero yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi sistematis dan wawancara. Penelitian Tindakan Kelas ini melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah diharapkan dengan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak TK Pertiwi Bero Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 meningkat minimal 80% dari 15%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berbahasa anak sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode bermain peran sebanyak 3 anak (20%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode bermain peran pada siklus I kemampuan berbahasa anak meningkat menjadi 9 anak (60%) dan pada siklus II meningkat menjadi 12 anak (80%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, dapat disimpulkan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di kelompok B TK Pertiwi Bero Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, metode bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:03
Last Modified: 22 Nov 2012 13:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item