Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Tehnik Berpikir Berpasangan Berempat Siswa Kelas IV SDN Klumpit Pati

Widiastuti, Endang (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Tehnik Berpikir Berpasangan Berempat Siswa Kelas IV SDN Klumpit Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_depan_lengkap.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSATAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran_lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (485kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SDN Klumpit. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Klumpit yang berjumlah 20 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adala siswa dan guru. Bentuk peneitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes, tehnik validasi data menggunakan bentuk trianggulasi sumber. Tehnik analisis data menggunakan deskripsi komparatif, deskriptif, model interaktif dan data hasil evaluasi. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana, tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan analisis data. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam hasil belajar matematika kelas IV SDN Klumpit. Adapun hasil belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat dari siklus I dann siklus II. Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dari 20 siswa dengan presentase 55%. Pada siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas adalah 14 siswa dari 20 siswa dengan presentase 70%. Dan siklus II jumah siswa yang tuntas adalah 17 siswa dari 20 siswa dengan presentase 85%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan tahnik berpikir berpasangan berempat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Klumpit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, tehnik berpikir berpasangan berempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:49
Last Modified: 22 Nov 2012 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item View Item