Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Celemek Cerita Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah II Sengon Tahun Ajaran 2012/2013

Marsiti, Marsiti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Celemek Cerita Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah II Sengon Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan berbahasa anak melalui bercerita dengan celemek cerita anak kelompok B TK Aisyiyah II Sengon Tahun Ajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan berbahasa anak kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bercerita dengan celemek cerita. Subyek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TK Aisyiyah II Sengon yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi sistematis, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini diharapkan melalui metode bercerita dengan celemek cerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok B TK Aisyiyah II Sengon tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 75% dari 20 anak.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Aisyiyah II Sengon melalui metode bercerita dengan celemek cerita. Sebelum tindakan sampai dengan siklus II yaitu sebelum tindakan 3 anak (43,50 %), siklus I 5 anak (61,30 %), dan siklus II 16 anak (80,50%). Kesimpulan peneliti ini adalah melalui metode bercerita dengan celemek cerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B TK Aisyiyah II Sengon Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, celemekcerita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:36
Last Modified: 22 Nov 2012 14:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21426

Actions (login required)

View Item View Item