Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok B Di TK Trisula Perwari 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Kismurbani, Lilik (2012) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Kelompok B Di TK Trisula Perwari 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui permainan puzzle pada anak kelompok B di TK Trisula Perwari 2 Klaten. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Trisula Perwari 2 Klaten tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 17 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dengan analisis terhadap proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan puzzle, kreativitas anak kelompok B di TK Trisula Perwari 2 dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kreativitas anak yang hanya mencapai 48,09% pada prasiklus menjadi 65,88% pada siklus I dan meningkat menjadi 82,35% pada siklus II. Hal ini juga terlihat dari bertambahnya jumlah anak yang kreativitasnya berkembang dengan baik yaitu dari 3 anak pada waktu prasiklus menjadi 10 anak pada siklus I dan 15 anak pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan permainan puzzle dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK Trisula Perwari 2 Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas anak, permainan puzzle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 08:34
Last Modified: 22 Nov 2012 08:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item View Item