Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Alat Peraga Gambar Bagi Siswa Kelas II Semester I SD N Porangparing Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Lestari, Sri (2012) Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Alat Peraga Gambar Bagi Siswa Kelas II Semester I SD N Porangparing Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran, khususnya pada pelajaran Pkn. Penelitian ini mengacu pada Penelitian Tindakan kelas, dilakukan di SD N Porangparing pada siswa kelas II semester I tahun pelajaran 2012/ 2013. Metode yang dipilih adalah penggunaan alat peraga gambar, karena media gambar mudah didapat dalam keadaan siap pakai dan disukai oleh anak berbagai umur. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dengan model pembelajaran penggunaan alat peraga gambar, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada pelajaran Pkn. Ini dapat dilihat pada pra siklus motivasi belajar siswa 60,28 %, siklus I motivasi belajar siswa 67,35 % dan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80,08 %. Dari 40 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki – laki dan 18 siswa perempuan, siswa yang tuntas sebanyak 38 anak atau 95,00% dan 2 siswa atau 5,00 % belum tuntas, hal ini disebabkan karakteristik dan latar belakang setiap anak berbeda.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, alat peraga, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 13:57
Last Modified: 21 Nov 2012 13:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item View Item