Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Team Quis Siswa Kelas IV SD Negeri Pondowan 01

Hartati, Sri (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Team Quis Siswa Kelas IV SD Negeri Pondowan 01. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan_pdf.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I_pdf.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA_pdf.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika operasi hitung campuran bilangan bulat melalui metode Team Quiz. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pondowan 01 yang berjumlah 20 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung campuran bilangan bulat yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam mengerjakan operasi hitung campuran bilangan bulat sebesar 80% atau 16 siswa dan pada siklus II sebesar 95% atau 19 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Team Quiz mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan hasil belajar siswa, Metode Team Quiz
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 13:45
Last Modified: 21 Nov 2012 13:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item