Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Metode Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Krajan 1 Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

Sunarni, Sunarni (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Metode Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Krajan 1 Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (BAB III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (237kB)

Abstract

Kemampuan berhitung awal anak perlu ditingkatkan, karena kemampuan saat ini baru 58%, pada hal peningkatan kemampuan berhitung TK B diharapkan mencapai 85%. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung adalah dengan menggunakan media kartu angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan media kartu angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi Krajan I tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah anak didik kelompok B 14 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan kepala sekolah yang juga selaku guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung anak melalui media kartu angka, dari kemampuan prasiklus sebesar 57,85%, siklus I 73,57%, dan peningkatan kemampuan berhitung siklus II mencapai 85,71%. Keberhasilan peningkatan kemampuan berhitung ini didukung oleh media kartu angka dan metode pendukung yaitu belajar sambil bermain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung awal pada anak kelompok B TK Pertiwi Krajan I Jatinom Klaten

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung, kartu angka.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 21 Nov 2012 12:15
Last Modified: 21 Nov 2012 12:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item View Item