Penanganan Anak Hiperaktif Melalui Terapi Bermain (Studi Kasus di TK Al-Hidayah V Ngasinan Kwarasan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012)

Fatimah, Fatimah (2012) Penanganan Anak Hiperaktif Melalui Terapi Bermain (Studi Kasus di TK Al-Hidayah V Ngasinan Kwarasan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.docx.pdf

Download (308kB)

Abstract

Perkembangan anak yang menunjukkan aktivitas berlebihan atau hiperaktif perlu mendapat perhatian. Anak hiperaktif yang tidak mampu memusatkan perhatiannya berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Salah satu cara untuk mengurangi hiperaktivitas anak yang kurang mampu memusatkan perhatian yaitu dengan terapi. Dalam penelitian ini difokuskan pada terapi bermain. Terapi bermain dipergunakan dalam penelitian ini dengan alasan karena masa anak adalah masa bermain. Jenis permainan yang digunakan yaitu puzzle dengan alasan permainan puzzle termasuk permainan yang dapat meningkatkan kognitif. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penanganan anak hiperaktif melalui terapi bermain puzzle di Tk Al-Hidayah V Ngasinan Kwarasan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Jenis dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Subjek dalam penelitian ini semua anak di Tk Al-Hidayah V Ngasinan Kwarasan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terapi bermain puzzle mampu menangani anak hiperaktif pada anak di Tk Al-Hidayah V Ngasinan Kwarasan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Dua subjek penelitian mengalami perubahan setelah dilakukan terapi permainan puzzle. Adi dan Sasta sudah meningkat konsentrasi belajarnya dan keaktifan Adi serta Sasta juga sudah mulai berkurang. Perubahan pada Adi dan Sasta meskipun belum maksimal, tetapi sudah menunjukklan adanya perubahan keaktifan sudah menurun dan sudah mulai konsentrasi dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: anak hiperaktif, terapi permainan puzzle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Nov 2012 12:04
Last Modified: 21 Nov 2012 12:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21387

Actions (login required)

View Item View Item