Peningkatan Kemampuan Menerima Bahasa Memahami Aturan Dalam Suatu Permainan Melalui Bermain Peran Mikro Pada Anak Kelompok B di TK ABA Tegalyoso Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Kristiyaningsih, Kristiyaningsih (2012) Peningkatan Kemampuan Menerima Bahasa Memahami Aturan Dalam Suatu Permainan Melalui Bermain Peran Mikro Pada Anak Kelompok B di TK ABA Tegalyoso Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER.pdf

Download (653kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menerima bahasa pada tingkat pencapaian perkembangan memahami aturan dalam suatu permainan, pada anak kelompok B TK ABA Tegalyoso Klaten. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan menerima bahasa anak kelompok B pada tingkat pencapaian perkembangan memahami aturan dalam suatu aturan masih rendah. Hasil analisa menunjukkan 11 dari 15 anak belum memahami aturan dalam suatu permainan, hanya 4 anak yang sudah mampu. Penelitian ini menggunakan kegiatan bermain peran mikro. Melalui kegiatan bermain peran mikro, anak diajak untuk aktif dalam permainan. Melalui kegiatan bermain peran mikro anak merasa senang dan tertarik, karena anak dapat memerankan tokoh sesuai keinginan. Ketertarikan dan rasa senang anak terhadap kegiatan bermain peran mikro secara langsung dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menerima bahasa memahami aturan dalam suatu permainan, dari kondisi awal/prasiklus 4 anak (21,3%) menjadi 9 anak (60%) pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 13 anak (86,6%). Kesimpulannya, 1) kegiatan bermain peran mikro dapat meningkatkan kemampuan menerima bahasa memahami aturan dalam suatu permainan pada anak kelompok B TK ABA Tegalyoso, 2) Melalui bermain peran mikro anak aktif mengikuti permainan, merasa senang dan mengembangkan imajinasi anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menerima bahasa, memahami aturan permainan, bermain peran mikro
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:34
Last Modified: 21 Nov 2012 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21372

Actions (login required)

View Item View Item