BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X1 SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

YULIHAPSARI, Desi (2008) BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X1 SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040067.pdf

Download (99kB)
[img] PDF
A420040067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran NHT pada siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2007/2008. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 6,73 dan rata-rata pada siklus I menurun menjadi 6,57 rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,72 dan siklus III meningkat menjadi 7,83. Untuk nilai afektif pada siklus pertama adalah 34,10 yang berarti siswa cukup berminat, siklus kedua adalah 35,40 yang berarti siswa cukup berminat dan siklus yang ketiga adalah 40,03 yang berarti berminat. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,31 point atau 31%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan NHT meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2007/2008 sebesar 0,31 point atau 31%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi NHT, hasil belajar Biologi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 05 Jun 2009 06:50
Last Modified: 17 Nov 2010 01:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item