Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Menggunakan Kartu Huruf Bergambar (Penelitian Pada Kelompok B TK Pertiwi Mandong, Trucuk Klaten Tahun 2012/2013)

Saniyem, Saniyem (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Menggunakan Kartu Huruf Bergambar (Penelitian Pada Kelompok B TK Pertiwi Mandong, Trucuk Klaten Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan Membaca awal anak menggunakan kartu huruf bergambar pada kelompok B TK Pertiwi Mandong, Trucuk, Klaten Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK Pertiwi Mandong, Trucuk, Klaten, Subjek penelitian adalah anak TK Pertiwi Mandong, trucuk, Klaten yang berjumlah 12 anak. Data kemampuan membaca awal anak dikumpulkan melalui observasi. Pelaksanaan penggunaan kartu huruf dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisis dapat menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca awal anak dengan menggunakan kartu huruf bergambar. Hal ini dapat diketahui dari hasil pada setiap siklus yaitu Siklus I 54,16%, Siklus II 75,69%, Siklus III 85,06%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca awal anak dapat meningkat dengan menggunakan kartu huruf bergambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kartu huruf bergambar, kemampuan membaca awal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:04
Last Modified: 21 Nov 2012 15:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21363

Actions (login required)

View Item View Item