Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa SD Negeri Kauman 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013

Baroroh, Ummi (2012) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Siswa SD Negeri Kauman 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SD Negeri Kauman 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kauman 01 Kecamatan J uwana Kabupaten Pati yang berjumlah sebanyak 40 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumen, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi, paparan data/penyajian data, dan penyimpulan hasil analisis. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA. Adapun peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasil observasi terhadap motivasi belajar IPA dari pra tindakan sampai siklus II. Pada pra tindakan menunjukkkan rata-rata prosentase motivasi belajar baik sebanyak 22,19%, rata -rata prosentase motivasi belajar cukup sebanyak 27,81 %, dan rata-rata prosentase motivasi belajar kurang sebanyak 50%. Pada siklus I rata-rata prosentase motivasi belajar baik sebanyak 60%, rata-rata prosentase motivasi belajar cukup sebanyak 24,69%, dan rata-rata prosentase motivasi belajar kurang sebanyak 15,31%. Pada siklus II rata-rata prosentase motivasi belajar baik sebanyak 90,63%, rata -rata prosentase motivasi belajar cukup sebanyak 6,88%, dan rata-rata prosentase motivasi belajar kurang sebanyak 2,5%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, model pembelajaran STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:11
Last Modified: 21 Nov 2012 15:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21359

Actions (login required)

View Item View Item