Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Kelompok B Di Tk Aba Kraguman 2 Jogonalan Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013

Mardanti, Mardanti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Kelompok B Di Tk Aba Kraguman 2 Jogonalan Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (778kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (742kB)

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan salah satu bagian dari perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan pohon hitung pada anak Tk ABA Kraguman 2 Jogonalan Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik pada Kelompok B Tk ABA Kraguman 2 Jogonalan Klaten, jumlah 15 anak. Peneliti ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Kepala Sekolah dan guru. Data tentang kemampuan berhitung dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data diolah dengan teknik analisis komperatif, yaitu perbandingan antara kemampuan berhitung anak dengan butir amatan dan indikator yang dicapai pada setiap pra siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak Tk ABA Kraguman 2 Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Hal ini terbukti bahwa terjadi peningkatkan dari pra siklus 35,66 % menjadi 46,72 % pada siklus I dan siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 80,16 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berhitung, pohon hitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:02
Last Modified: 21 Nov 2012 16:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item