Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Tk.Aba Wonosari I, Trucuk, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Sunarsi, Sunarsi (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Tk.Aba Wonosari I, Trucuk, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (578kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemajuan anak didik di TK ABA Wonosari I, Trucuk, Klaten pada tahun ajaran 2012/2013 tentang menulis permulaan yang merupakan persiapan anak didik memasuki pendidikan yang lebih tinggi yakni Sekolah Dasar. Sesuai dengan pengamatan penulis, bahwa kemampuan menulis anak kelompok B di TK ABA Wonosari I, Trucuk, Klaten masih rendah. Perlu adanya penanganan yang serius untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak didik tersebut. Metode penelitian ini melalui pengamatan langsung dengan menggunakan responden sebanyak 20 anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang disertai pengujian hipotesis Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus.Teknik analisis data yang digunakan adalah prosentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase kemampuan menulis permulaan melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B di TK ABA Wonosari I, Trucuk, Klaten dari prasiklus 46,750%, siklus I 59,625%, dan siklus II 75,125%. Dari hasil penelitian berupa prosentase tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di TK ABA Wonosari I, Trucuk, Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis permulaan, demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 10:53
Last Modified: 21 Nov 2012 16:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item View Item