Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Pembelajaran Sandiwara Boneka Di TK Genengan 2, Kelompok B Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012

Remiyati, Remiyati (2012) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Pembelajaran Sandiwara Boneka Di TK Genengan 2, Kelompok B Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (595kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui pembelajaran sandiwara boneka di Taman Kanak- kanak Genengan 2 kelompok B Jumantono, Karanganyar. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok B TK Genengan 2 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 11 anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan hasil karya. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran sandiwara boneka. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi empat deskriptor yaitu (MT) kemampuan anak yang melampaui target, (BN) kemampuan anak yang berjalan normal, (PD) kemampuan anak yang perlu ditingkatkan, (PPK) kemampuan anak yang perlu perhatian khusus. Sebelum adanya tindakan nilai rata-rata kelas dengan prosentase 33,3% setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 77,6%, pada siklus II rata-rata kelas menjadi 81% dan di akhir tindakan yaitu pada siklus III rata-rata kelas menjadi 86,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Pembelajaran sandiwara boneka.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Nov 2012 10:56
Last Modified: 21 Nov 2012 16:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21354

Actions (login required)

View Item View Item