Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Lagu Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Sidoharjo Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Hartini, Tri (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Lagu Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Sidoharjo Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (404kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (237kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa lisan melalui penggunaan lagu dalam proses pembelajaran pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Pertiwi Sidoharjo Sragen tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber yaitu siswa, guru, dan observer. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B TK Pertiwi Sidoharjo Sragen Tahun 2011/2012. Kemampuan berbahasa lisan siswa pada akhir siklus I mencapai nilai rata-rata 2,47 (lebih rendah dari nilai KKM sebesar 3,0). Kemudian pada akhir siklus II kemampuan berbahasa lisan siswa meningkat menjadi rata-rata 2,85 (masih di bawah KKM). Selanjutnya pada akhir siklus III kemampuan berbahasa lisan meningkat menjadi 3,53 dan sudah melebihi nilai KKM. Akhir siklus I hanya terdapat 4 orang siswa (17,4%) yang nilainya lebih dari KKM (3,0). Kemudian pada akhir siklus II hanya 10 orang siswa (43,5%) mencapai ketuntasan. Selanjutnya pada akhir siklus III seluruh siswa mencapai ketuntasan yaitu mencapai 100%. Peningkatan kemampuan berbahasa lisan dilihat dari indikator-indikator: penguasaan perbendaraan kata (kosa kata), pengenalan simbol-simbol huruf untuk persiapan membaca, siswa dapat bernyanyi, dapat berekspresi, dan membaca sesuai intonasi dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa Lisan, Lagu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Nov 2012 08:12
Last Modified: 21 Nov 2012 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21339

Actions (login required)

View Item View Item