Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Bermain Puzzle Di Kelompok Bermain Pandawa Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Susanti, Susanti (2012) Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Bermain Puzzle Di Kelompok Bermain Pandawa Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (552kB)

Abstract

Tujuan penalitian ini untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak dalam pembelajaran melalui kegiatan bermain puzzle pada anak kelompok bermain Pandawa Wonokerso, Kedawung, Sragen tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan reflesi (reflecting). Data kecerdasan intrapersonal dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan reduksi data. Subjek penelitian 16 anak. Peningkatan kecerdasan intrapersonal anak melalui bermain puzzle nilai rata-rata kelas di peroleh data pada pra siklus, siklus I, siklus II adalah 1,9, 2,4, dan 2,7. Dengan KKM 2,5, yang mencapai KKM untuk pra siklus, siklus I, siklus II adalah 7 anak, 10 anak, 14 anak atau prosentasenya adalah 43,8%, 62,5%, dan 87,5%. Berdasarkan data yang diperoleh Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan bermain puzzle dalam pembelajaran di Kelompok Bermain dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal pada anak KB Pandawa Wonokerso Kedawung Sragen Tahun 2012 .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Bermain Puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Nov 2012 06:37
Last Modified: 21 Nov 2012 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21334

Actions (login required)

View Item View Item