Peningkatan Kemampuan Bertanggung Jawab Melalui Permainan Tradisional Anak Kelas B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Legokkalong Karanganyar Pekalongan Tahun 2012

Suryani, Yulisa Rinda (2012) Peningkatan Kemampuan Bertanggung Jawab Melalui Permainan Tradisional Anak Kelas B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Legokkalong Karanganyar Pekalongan Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemampuan bertanggung jawab anak melalui permainan tradisional. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan tiga siklus setiap siklusnya terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumenter. Teknik keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan reduksi data. Subjek penelitian 33 anak. Hasil penelitian menunjukan kemampuan bertanggung jawab anak melalui metode permainan tradisonal nilai rata-rata kelas pada Siklus I adalah 2,5, Siklus II 3,04, dan Siklus III adalah, 3,4. Dengan KKM 80, yang mencapai nilai KKM, untuk Siklus I, Siklus II, dan Siklus III adalah 21 anak, 23 anak, 33 anak, atau prosentasenya adalah 63%, 69%, dan 100%. Berdasarkan data di atas penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional (Ular naga, Lempar kaleng, dan Gotri) dapat meningkatkan kemampuan bertanggung jawab pada anak kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Legokkalong Karanganyar Pekalongan Tahun 2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bertanggung Jawab, Permainan Tradisional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Nov 2012 07:04
Last Modified: 21 Nov 2012 07:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21333

Actions (login required)

View Item View Item