Peningkatan Sikap Sosial Anak Melalui Pola Bermain Kelompok Pada Anak Kelompok B Di Tk Kartika Iii 52 Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

Ngadilah, Ngadilah (2012) Peningkatan Sikap Sosial Anak Melalui Pola Bermain Kelompok Pada Anak Kelompok B Di Tk Kartika Iii 52 Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2_.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Pembelajaran dengan pola klasikal ternyata hanya menghasilkan 52% anak yang mampu menumbuhkan sikap sosial dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu melaksanakan pembelajaran melalui pola bermain kelompok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sikap sosial anak melalui pola bermain kelompok pada anak TK Kartika III /52 kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Kartika III/52 Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan sikap sosial anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam sikap sosial dikumpulkam dengan pola bermain kelompok. Kesimpulan hsil penelitian ini adalah bahwa penggunaan pola bermain kelompok dapat meningkatkan kemampuam sikap sosial pada anak di TK Kartika III/52 Klaten. Adapun langkah-lanhkah penggunaan pola bermain kelompok yang berhasil sebagai berikut ; (a) menyiapkan media sebelum anak memasukli ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (C) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) menkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menirukan gaya seseorang yang sedang memimpin, dapat menunjukkan sikap sedih dan senang, (f) memberi motivasi anak yang belum mampu..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam sikap sosia , pola bermain kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:44
Last Modified: 20 Nov 2012 12:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item