Peningkatan Kecerdasan Emosional Melalui Media Gambar Seri Anak Usia Dini Kelompok Bermain Tunasmelati Iicelep Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012

Prihatin, Mulyani (2012) Peningkatan Kecerdasan Emosional Melalui Media Gambar Seri Anak Usia Dini Kelompok Bermain Tunasmelati Iicelep Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (840kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (412kB)

Abstract

Kecerdasan emosional anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah melalui media gambar seri . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui media gambar seri dapat peningkatan kecerdasan emosional anak Kelompok Bermain Tunas Melati II Celep Kedawung Sragen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian anak Kelompok Bermain Tunas Melati II Celep Kedawung Sragen yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan guru pendamping. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Tehnik analisis data perbandingan tetap dengaan langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan emosional anak melalui media gambar seri yakni prasiklus 38%, kemudian siklus I mencapai 40%, siklus II mencapai 70% dan siklus III mencapai 80%. Berdasarkan data diatas dapat ditarik kesimpulan melalui media gambar seri dapat peningkatan kecerdasan emosional anak Kelompok Bermain Tunas Melati II Celep, Kedawung, Sragen Tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, Media Gambar seri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:32
Last Modified: 20 Nov 2012 11:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21315

Actions (login required)

View Item View Item