Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Bermain Playdough Di Kelompok B TK ABA Cucukan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

SETYOWATI, Efi (2012) Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Bermain Playdough Di Kelompok B TK ABA Cucukan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Haslam Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (688kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas khususnya dalam memahami angka melalui metode bermain playdough di Kelompok B TK ABA Cucukan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Sebelum diberi tindakan kreatifitas dalam memahami angka masih sulit atau kurang dan guru sudah mengupayakan pemecahan dengan menggunakan beberapa metode ternyata belum mampu meningkatkan kreatifitas anak dalam memahami angka. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain playdough. Subyek pelaksanaan tindakan adalah guru dan anak Kelompok B TK ABA Cucukan yang berjumlah 26 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini melalui dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator dalam penelitian ini diharapkan dengan metode bermain playdough dapat meningkatkan kreatifitas dalam memahami angka pada anak TK ABA Cucukan Kecamatan Prambanan Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 80% dari 26 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreatifitas memahami angka sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode bermain playdough sebanyak 5 anak (55,07%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode bermain playdough pada siklus I kreatifitas memahami angka meningkat menjadi 11 anak (67,45%) dan pada siklus II meningkat menjadi 21 anak (85.15%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “diduga melalui metode bermain playdough dapat meningkatkan kreatifitas memahami angka dikelompok B TK ABA Cucukan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatifitas, playdough
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Nov 2012 11:08
Last Modified: 20 Nov 2012 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21313

Actions (login required)

View Item View Item