Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Di TK Pelita Bangsa Pereng Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Suyono, Joko (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Di TK Pelita Bangsa Pereng Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemamapuan berhitung anak dengan menggunakan permainan kartu angka. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini meliputi perencanan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini melalui dua siklus, masing-masing siklus ada dua pertemuan Penelitian dilaksanakan pada anak Kelompok A TK Pelita Bangsa Pereng, Prambanan, Klaten. Subyek penelitin ini ada 18 anak, 9 laki-laki dan 9 perempuan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Data kuantitatif dianalisa dengan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dengan naratif deskreptif. Dalam penelitian ini menujukkan hasil peningkatan kemampuan berhitung anak sebagai berikut: pra siklus 48,3%, Siklus I pertemuan satu 62,8%, Siklus I pertemuan dua 69,2%, Siklus II pertemuan satu 76% dan Siklus II pertemuan dua 83,4%. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu angka dapat meningkatkan kemamampuan berhitung anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kemampuan berhitung, kartu angka, penelitian PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Nov 2012 10:55
Last Modified: 20 Nov 2012 10:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21306

Actions (login required)

View Item View Item