Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kubus Bergambar Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Kayumas I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

SUNDARIANINGSIH, Rini (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kubus Bergambar Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Kayumas I Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_depan.pdf

Download (859kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
01_BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (BAB II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (BAB III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (BAB IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BAB V)
05_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_dft_pustaka.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
10_naskah_publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Pembelajaran dengan media papan tulis dan kapur ternyata hanya menghasilkan 55,56% anak yang mampu berhitung permulaan dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu berhitung permulaan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Berhitung Permulaan melalui Permainan Kubus Bergambar di TK Pertiwi I Kayumas Tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B yang berjumlah 18 Anak. Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan Permainan Kubus Bergambar, wawancara yang digunakan antara penliti dengan anak dan didokumentasikan dalam berhitung permulaan dengan permainan kubus bergambar. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan penelitian, prosentase kognitif anak sebesar 55,56 %. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh hasil yaitu, siklus I mencapai 71,23%,siklus dan siklus II mencapai 82,34 %. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “diduga dengan menggunakan permainan kubus bergambar dapat meningkatkan kognitif anak dalam berhitung permulaan di kelas B TK Pertiwi I Kayumas Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, berhitung permulaan, dan kubus bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Nov 2012 12:10
Last Modified: 19 Nov 2012 12:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21292

Actions (login required)

View Item View Item