Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Strategi Berpasangan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Sengon Prambanan, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

PARTINAH, PARTINAH (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Strategi Berpasangan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Sengon Prambanan, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (772kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustala)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sengon melalui strategi berpasangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Sengon. Sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar matematika. Lokasi penelitian di SD Negeri 3 Sengon, Prambanan, Klaten. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya memiliki komponen tindakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi berpasangan. Pembelajaran dengan penerapan strategi berpasangan adalah belajar secara kelompok dengan cara berpasangan untuk mengerjakan tugas dalam pembelajaran di sekolah. Dalam penelitian ini yang dimaksudkan dengan double learn adalah sebuah tugas atau pekerjaan tertentu baik tertulis atau lisan yang harus dikerjakan siswa dengan berpasangan (kelompok). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah jika 80% dari seluruh siswa memperoleh KKM > 61. Sesuai dengan KKM yang telah ditentukan di SD Negeri 3 Sengon. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi berpasangan hasil belajar matematika dapat meningkat. Meningkatnya hasil belajar matematika ditandai pada siklus I meningkat menjadi 62,58 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,12 dan siklus III meningkat lagi menjadi 82,62

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, matematika, strategi berpasangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Nov 2012 11:45
Last Modified: 19 Nov 2012 12:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21286

Actions (login required)

View Item View Item