Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Pada Anak Kelompok B Di Tk Pgri Mranggen Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Muji, Sri (2012) Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Pada Anak Kelompok B Di Tk Pgri Mranggen Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Faftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)

Abstract

Pembelajaran berbahasa dengan metode ceramah ternyata hanya menghasilkan 25 % anak yang mampu berbahasa dengan baik. Padahal harapan guru anak yang mampu berbahasa dengan baik mencapai 80 %. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Pada Anak Kelompok B di TK PGRI Mranggen Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan setting TK PGRI Mranggen Jatinom Klaten pada anak kelompok B tahun pelajaran 2012/2013. Data tentang perilaku guru, anak dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan berbahasa anak dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui permainan tebak kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B TK PGRI Mranggn Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun langkah-langkah pembelajaran melalui permainan tebak kata yang berhasil adalah sebagai berikut : 1) guru memperkenalkan dan menjelaskan cara permainan tebak kata, 2) setiap gambar dan kata diberi variasi warna sehingga anak tertarik, 3) setiap kata ukurannya diperbesar agar anak lebih jelas mengenal kata dan lebih mudah membacanya, 4) guru menunjukkan bagian gambar yang bertuliskan kata kepada anak lalu dilafalkan secara jelas, 5) guru membimbing anak mengucapkan kata yang tertulis di disamping/di bawah gambar dengan tepat, 6) guru mengambil kartu kata dan gambar lalu menunjukkan tulisan dan gambarnya, kemudian anak diminta menyebutkan nama gambarnya, anak diminta menghubungkan tulisan dengan gambar yang melambangkannya, kemudian anak diminta membaca kata

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa dan Permainan Tebak Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Nov 2012 11:30
Last Modified: 23 Nov 2012 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21284

Actions (login required)

View Item View Item