Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Buku Anak Islam Suka Membaca Pada Anak Kelompok B Di TKIT Al Hasna Gondang Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Suprapti, Eny (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Buku Anak Islam Suka Membaca Pada Anak Kelompok B Di TKIT Al Hasna Gondang Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04_BAB__I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (BAB II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (BAB III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAB IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (BAB V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (291kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode buku Anak Islam Suka Membaca pada anak kelompok B di TKIT Al Hasna Gondang, Klaten tahun ajaran 2012/2013. Sebelum tindakan kemampuan membaca anak rendah karena metode yang dipakai guru kurang menarik anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode buku Anak Islam Suka Membaca. Dalam tindakan penelitian peneliti me nggunakan kartu kata tetapi sesuai dengan metode buku AISM. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TKIT Al Hasna Gondang, Klaten yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi/pengamatan, wawancara, analisis dokumen dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator pencapaian pada penelitian ini adalah sebesar 80% dari indikator yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan pada setiap siklus. Hal ini ditandai dari prosentase keberhasilan pra tindakan sebesar 60,41%, siklus I diperoleh 68,57%, siklus II sebesar 74,48% dan siklus III sebesar 87,50%. Berdasarkan hasil analisis data, hipotesis yang menyatakan bahwa: “Belajar menggunakan buku Anak Islam Suka Membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TKIT Al Hasna tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, metode buku Anak Islam Suka Membaca, kartu kata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Nov 2012 11:01
Last Modified: 19 Nov 2012 12:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item View Item