Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Tipe Stad Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Rogomulyo 02 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013

Sugiyah , Sugiyah (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Tipe Stad Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Rogomulyo 02 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02 masih rendah. Upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02, yang terdiri dari 12 siswa putra dan 17 siswa putri. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan bentuk triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu membandingkan antara motivasi kondisi awal, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam mempelajari peta lingkungan Kabupaten Pati. Adapun peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata motivasi pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada pra tindakan rata-rata motivasi 38%, pada siklus I rata-rata motivasi 69% dan pada siklus II rata-rata motivasi 93%. Hal ini berarti ada peningkatan motivasi belajar dari pra tindakan sampai siklus II sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran tipe STAD yang diterapkan pada siswa kelas IV SD Negeri Rogomulyo 02 dapat meningkatkan motivasi belajar IPS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, IPS, model pembelajaran tipe STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Nov 2012 10:33
Last Modified: 19 Nov 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21273

Actions (login required)

View Item View Item